chat

Mengenal Pesepakbola Muslim


MENGENAL PESEPAKBOLA MUSLIM
By: Rahmad Fudoli, SS
(Pemerhati Sepakbola Dunia)

Apakah anda suka sepakbola? Hamper dipastikan semua akan menjawab yak arena sepakbola adalah olahraga dengan penggemar paling banyak didunia. Saat ini sepakbola tak lagi hanya milik kaum Adam, para Hawapun mulai berbondong-bondong menyaksikan bintang pujaan berlaga. Di Inggris, stadion-tempat dihelatnya pertandingan sepakbola- merupakan area yang paling pas mengisi liburan akhir pecan bersama keluarga. Kitapun di Indonesia tak mau ketinggalan menyaksikan aksi-aksi pemain kelas dunia walau hanya melalui layer kaca televisi seperti CR7, Fernando Torres, Robin Van Persie, Raul Gonzales, Lionel Messi, Ronaldinho hingga zlatan Ibrahimovic!! Tapi tahukah anda bahwa diantara sekian ribu jumlah pemain sepakbola yang bertebaran di liga-liga Eropa, banyak diantara mereka yang beragama Islam sebut saja Zidane (pensiun/Prancis), Ribery (Munchen/Prancis), Benzema (Lyon/Prancis), Samir Nasri (Arsenal/Prancis), Van Persie (Arsenal/Belanda), Anelka (Chelsea/Prancis), Zlatan Ibrahimovic (Inter/Swedia), Kanoute (Sevilla/Mali), Muntari (Inter/Ghana), Emre (Newcastle/Turki), Khalid Boulahrouz (Sevilla/Belanda), Lassana dan Mohammadou Diarra (Madrid/Ghana), Mido Hossam (Middlesbrough/Mesir), Abidal (Barcelona/Prancis), Kolo Toure (Arsenal/Pantai Gading), Bacary Sagna (Arsenal/Prancis), Sissoko (Juventus/Mali), Kahveci (Villarreal/Turki), Kanoute (Sevilla/Mali), Salihamidzic (Juventus/Bosnia)
Keita (Barcelona/Mali) Amr Zaki (Wigan/Mesir) dan masih banyak lagi. Berikut daftar delapan besar pemain sepakbola yang beragama Islam:

1. Zinedine Zidane
Zinedine Yazid Zidane, begitulah nama lengkapnya, lahir di Marseille 23 Juni 1972 atau lebih dikenal dengan julukan Zizou. Dia adalah seorang pesepak bola Perancis keturunan Aljazair. Namanya mulai mencuat ketika ia memperkuat Juventus. Pada tahun 2001 Zidane ke Real Madrid dengan biaya transfer sebesar €66 juta yang membuatnya menjadi pemain sepak bola termahal di dunia hingga saat ini.
Sebagai pemain, Zidane, telah memenangkan semua kejuaraan bergengsi di dunia,baik bersama klub ataupun timnas Prancis mulai dari scudetto, juara La Liga, Liga Champions, Piala Toyota, Piala Dunia, Piala Eropa hingga gelar pribadi sebagai pemain terbaik Eropa (1998) dan 3x pemain terbaik dunia (1998, 2000, 2003). Saying karirnya harus berujung kartu merah pada final Piala Dunia 2006 di Jerman setelah menanduk Materazzi. Namun "tandukannya" tidak mereubah keputusan juri untuk tetap memilihnya sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2006.

2. Zlatan Ibrahimovic
Zlatan Ibrahimovic, lahir dan besar di Malmo, 3 Oktober 1981 kota terbesar ke tiga di Swedia dan tempat komunitas muslim paling besar di negeri itu. Ibra adalah imigran di Swedia dari ayah yang asli Bosnia dan Ibu keturunan Kroasia

Pemain yang kini berkostum Inter Milan ini tergolong cukup tajam dalam mencetak gol. Terbukti di level klub, 100 gol lebih berhasil ia sarangkan, sementara di timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic sudah mengemas 26 gol. Iapun mendapat julukan "Ibracadabra” lantaran permainannya yang mampu menyihir penonton. Pada 22 Maret 2001, Ibra resmi bergabung dengan Ajax Amsterdam dengan nominal transfer terbesar yang pernah dibayarkan kepada klub asal Swedia, €7,8 juta.kecekatannya dalam mengolah si kulit bundar berbuah penghargaan "Guldbollen" sebagai pemain Swedia terbaik tahun 2005. tak lama kemudian, dia mengadu nasib di Italia dan bergabung dengan Juventus. Sayang si Nyonya Tua –julukan Juventus- tersandung kasus Calciopoli dan harus bermain di Serie B Italia. Ibra kemudian memilih Inter sebagai klub berikutnya dengan dana sebesar €24,8 juta.

3. Nicolas Anelka
Inilah momen terbaik bagi Nicolas Anelka untuk bangkit setelah transfer senilai 15 juta poundsterling dari Bolton Wanderers ke Chelsea awal tahun ini dan namanya pun sejajar dengan nama-nama beken seperti Torres, CR7 dalam daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris.
Anelka mengawali kariernya di Paris St Germain sebelum pindah ke Arsenal pada usia 17 tahun. Setahun kemudian, Real Madrid menawar Anelka 23 juta pounds dan ikut mengantar Madrid menjuara liga Champions dengan mencetak gol lawan Valencia di final.
Setahun di Bernabeu, Anelka kembali ke Paris St Germain hingga dipinjamkan ke Liverpool. Dari Liverpool dia berpindah ke Manchester City saat dilatih Kevin Keegan. Di City, Anelka mencetak 46 gol selama dua setengah musim. Dari City dia pindah ke Fenerbahce hingga kemudian kembali ke Bolton. Bersama Chelsea saat ini, Anelka tetap berharap bisa menjadi salah satu mesin gol.
Nicholas Anelka memperoleh keislamannya sejak pindah ke klub Turki Fenerbahce. Sejak kepindahannya itu, perangainya yang suka ngambek dan kerap menyebalkan kemudian hilang. Anelka juga memiliki nama Islam, Abdul-Salam Bilal. Dalam wawancara yang dimuat di Match, majalah terbitan Perancis.
Anelkan berkata, "Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam maupun di luar lapangan. Saya menjalani karier yang berat. Saya kemudian berketetapan hati untuk menemukan kedamaian. Dan akhirnya saya menemukan Islam."

4. Frank Ribery
Nama Frank Ribery mulai dikenal pada Piala Dunia 2006, namanya mulai dikenal bukan hanya karena kehebatannya menggiring atau menendang bola tapi kebiasaannya menengadahkan tangan saat berdoa, khas Muslim.
Ribery sendiri tidak menyangka tindakannya menadah tangan memohon kepada Tuhan, dinilai miring sebagian orang. Ribery memang seorang mualaf. Pria kelahiran lahir pada tanggal 7 April 1983, di Boulogne-sur-Mer ia menjadi Muslim setelah menyunting Wahiba Belhami, Muslimah asal Maroko yang kini telah mengahdiahinya seorang putri yang manis yang bernama Hizya. Ribery diketahui berpindah agama setelah dia bermain untuk klub Galatasaray di Turki selama setahun dan membantu klub itu memenangi Piala Turki pada 2005. Iapun memilih Bilal sebagai nama Islamnya.
Kepada media lokal, Paris Match, Ribery menyebut bukan asal untuk menikahi pujaan hatinya dia berpindah agama. Kehidupannya turut berubah setelah dia menjadi penganut Islam. "Islam adalah sumber kekuatan saya ketika diluar atau didalam pertandingan," katanya. "Saya menghadapi masa-masa sulit dalam membina karier, dan saya mencari kedamaian jiwa dan akhirnya saya menemukan Islam." Lanjut sang Bilal.
Pada usia mudanya dia mengalami kecelakaan sehingga meninggalkan bekas di bagian kanan muka dan dahinya. Ribery kini bermain bagi FC Bayern Muenchen dengan mengenakan nomor punggung 7

5. Karim Benzema
Lahir di Prancis dari orang tua Aljazair keturunan Kabyle, Benzema ditemukan oleh pencari bakat Lyon ketika sedang bermain di tim anak-anak Bron Terraillon pada 1996 saat berusia sembilan tahun. Ketika itu ia langsung diikat oleh Akademi Sepakbola Lyon. Kabyle adalah daerah dataran tinggi di Timur Laut Aljazair.

Potensi besar yang ada pada Benzema terus berkembang hingga namanya kerap menghiasi tim nasional Prancis U-16, U-17, dan U-18 dengan mengoleksi 20 gol dari 35 penampilan. Pada 2004, Benzema menjadi salah satu pemain kunci ketika Prancis menjadi juara Euro U-17.

Tim nasional Prancis senior juga sudah membuka pintu. Ia merealisasikan impiannya memakai baju kebesaran Les Bleus ketika beruji coba melawan Austria di Stade de France, 28 Maret 2007. Penampilan perdananya sangat memuaskan karena lewat tendangan bebas yang dilakukannya, Prancis menang 1-0.

kini ia menjadi incaran klub besar seperti Internazionale, AC Milan, Juventus, Real Madrid, Liverpool, dan Arsenal. Benzema sendiri membantah berbagai spekulasi dan menegaskan tidak akan pergi sebelum kontraknya berakhir pada 2012. Tapi, semua itu bisa berubah jika Chairman Lyon, Jean-Michel Aulas, mulai mempertimbangkan berbagai tawaran yang masuk ke mejanya

Saking hebatnya Benzema, pemain senior Prancis yang kini membela Barcelona, Thierry Henry memprediksi Benzema akan mendapat Ballon d’Or sebagai penghargaan Pemain Terbaik Eropa suatu hari nanti. Kita nantikan!

6. Samir Nasri
Samir Nasri lahir di kota Marseille, 26 Juni 1987. Awal karirnya dalam dunia sepakbola dimulai saat berumur 9 tahun dan bermain untuk Marseille. Bersama Marseille, Nasri mendapatkan gelar the Youth Player of the Year 2007. Raihan prestasi bersama Marseille membuatnya menandatangani kontrak empat tahun dengan Arsenal dengan uang transfer 16,8 juta euro (US$26,50 juta)
Nasri memang mencuri perhatian di pekan pertama Premiership musim ini. Ia mencetak gol semata wayang, yang mengantar Arsenal menang 1-0 atas West Bromwich Albion.

Sejatinya, bukan gol tunggal itu saja yang membuat jutaan pasang mata tercuri perhatiannya. Aksinya di tengah lapangan, mulai dari dribling, mengatur tempo, hingga passing-nya tak menunjukkan Nasri adalah pemain yang baru berusia 21 tahun. Bahkan oleh publik, karena sama-sama berdarah Perancis-Algeria dan jago mengolah si kulit bundar dirinya dianggap sebagai titisan dari maestro sepakbola asal Perancis, Zinedine zidane.

"Samir cukup rajin dan bisa menunjukkan akselerasi permainan yang bagus. Visinya terhadap pertandingan juga bagus dan berada di sisi kiri sepertinya cocok untuknya," tandas Wenger di situs resmi Arsenal.

Kharakteristik bermain seperti ini nyaris sama dengan apa yang ditunjukkan Robert Pires beberapa tahun silam. Pemain yang termasuk dalam tim sukses Arsenal di musim 2003/04, kala The Gunners mencatat rekor tak terkalahkan sepanjang bergulirnya kompetisi Premiership, memiliki cara bermain yang fantastis dan kerap menjadi penentu kemenangan bagi timnya.

7. Robin Van Persie
Robin menjadi Muslim setelah menikahi wanita keturunan belanda-Maroko, Bouchra. Mereka baru saja dikarunia seorang anak laki-laki bernama Shaqeel pada 16 November 2006. keislamannya mulai terpublikasi publik usai Piala Dunia 2006. Robin Van Persie lahir


diRotterdam, 6 Agustus 1983 (23), ia digaet Arsenal dari Feyenoord pada awal musim 2004/05 dengan nilai transfer tiga juta pound.
Van Persie, yang mengawali karier di Excelsior sebelum pindah ke rival sekota Feyenoord, berasal dari keluarga broken home. Ia dibesarkan ayahnya sebagai orangtua tunggal sejak perpisahan dengan ibunya. Sang ibu bekerja sebagai guru sementara ayahnya seorang seniman. Semasa kanak-kanak Van Persie kerap berulah dan mengalami masalah temperamen. Akibatnya ia sering dikeluarkan dari kelas.

Dengan telenta yang dimiliki, kini ia, seorang bocah yang dibesarkan di lingkungan imigran kasar di Rotterdam mulai menemukan kedewasaan di Arsenal apalagi setelah memeluk agama Islam..

Siapa sosok paling berpengaruh bagi Van Persie? Tentu saja Dennis Bergkamp, sang idola yang kini telah pensiun. The Dutch Master dengan tekun membimbing “adik kelas”-nya dalam proses adaptasi di Premiership.

8. Omar Frederic Kanoute
Pemain kelahiran Eropa ini lahir di Sainte-Foy-les-Lyon, Prancis, 2 September 1977. Ia memulai karier sebagai pemain sepakbola profesional bersama dengan tim lokal Olympique Lyon, Kanoute juga pernah merumput di Liga Ingris bersama West Ham United dan Tottenham Hotspur sebelum akhirnya pindah ke Sevilla pada 2005 dengan jumlah bayaran sebanyak 6,5 juta Ero atau 9,66 juta dolar AS.
Kanoute merupakan idola sejati orang Islam di Sevilla, Tanpa ragu, ia merogoh koceknya sebesar 510.860 euro atau setara dengan 700 ribu dolar AS (sekitar Rp 6,3 miliar) untuk menyelamatkan masjid di Sevilla itu agar tidak ditutup. Tentu saja, itu bukan uang yang sedikit. Kanoute menghabiskan hampir setahun gajinya untuk membeli masjid tersebut.
Bagi jagat sepak bola, selain dikenal dengan gol-golnya yang indah, Kanoute menjadi magnet karena identitas Muslimnya. Bersama dengan bintang lapangan hijau seiman seperti Yaya Toure, Eric Abidal, Mahamadou Diarra, mereka mewarnai ketatnya jadwal kompetisi La Liga. Mereka memiliki kebiasaan unik, Abidal kerap dipotret saat latihan tak lupa membawa Alquran. Sementara Kanoute sering bershalat di ruang ganti pemain.
Itulah Kanoute. Di tengah kilatan blitz yang memburu, mendapat hujan pujaan, sukses di lapangan hijau, Kanoute tetap dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan memiliki jiwa sosial yang tinggi.
Semoga tulisan diatas memberi kita inspirasi bahwa orang-orang yang seagama dengan kita juga bisa bersaing dengan agama lain untuk menjadi yang terbaik. Hidup Islam!!!

2 komentar:

Toni mengatakan...

akhiy,...
datanya diupdate nih,.... :)

BhestMilla SC mengatakan...

boleh dimnta kopianya g??hehe..saya sangat tertarik untuk mempublikasiknya..tentu saja akan saya cantumkan sumbernya..via email aj ke bhestjls@gmail.com

Posting Komentar